Alumni SMP 8 Jakarta

Home » Others » Pengertian Iklan Televisi

Pengertian Iklan Televisi

COMMERCIAL / IKLAN

Tayangan pendek yang umumnya berdurasi 15, 30, atau 60 detik yang dibuat khusus sebagai media promosi produk tertentu, dengan tujuan memotivasi seorang pembeli potensial dan mempromosikan suatu produk atau jasa untuk mempengaruhi pendapat publik dan memenangkan dukungan publik untuk berpikir atau bertindak sesuai dengan keinginan si pemasang iklan. Itulah sebabnya, iklan dibuat semenarik mungkin, terkadang dengan biaya yang sangat tinggi. Iklan yang baik tidak akan digarap secara berlebihan, tidak mengabaikan sisi psikologis, sosiologis, dan ekologis penonton atau sasaran produk yang diiklankan. Sebaliknya, iklan yang buruk akan menyampaikan pesan dengan mengesampingkan estetika.

Terdapat tiga jenis iklan:

  1. Iklan spot. Materi iklan televisi secara jelas, langsung dan gamblang berisi format tentang produk dan suatu perusahaan, yang digunakan untuk mencapai tingkat penjualan maksimal atas suatu produk. Iklan jenis ini bersifat komersial murni.
  2. Iklan tak langsung. Informasi tentang suatu produk atau pesan/misi tertentu perusahaan yang disampaikan secara tidak langsung ke dalam meteri program siaran lain untuk mencapai tingkat pengetahuan pemirsa terhadap produk atau misi tertentu yang disampaikan. Iklan jenis ini bersifat tidak komersial murni.
  3. Public service announcement (PSA). Informasi tentang suatu kegiatan atau pesan-pesan sosial yang dilakukan untuk mendapatkan tingkat perhatian yang maksimal dari pemirsa untuk beradaptasi dan atau bersimpati terhadap kegiatan atau masalah tertentu.

COMMERCIAL SPONSOR

Orang atau badan usaha yang membantu membiayai produksi suatu program acara tanpa ikut mengontrol isi program tersebut. Bantuan tersebut biasanya dalam rangka public relations atau mengiklankan produk tertentu.

PUBLIC SERVICE ADVERTISING.

Iklan layanan masyarakat yang berisi ajakan pada setiap warga untuk turut menyelesaikan sesuatu, misalnya membantu pemulihan daerah yang baru terkena bencana alam.

PUBLIC SERVICE ANNOUNCEMENT (PSA).

Iklan layanan masyarakat. Jenis iklan non-komersial yang bertujuan mempersuasi masyarakat dengan cara mengajak dan menghimbau mereka untuk mengerti, menyadari, turut memikirkan, serta mengambil sikap dan berperilaku sesuai dengan yang dikehendaki pembuat pesan.

Catatan:

Definisi istilah-istilah ini dikutip dari Kamus Istilah Televisi dan Film (Gramedia, 2010). Kamus ini merupakan karya langka. Kita tahu, di Indonesia sudah berdiri lembaga penyiaran televisi profesional dan berbagai perguruan tinggi yang bergerak di bidang televisi dan film, tapi sangat sulit mencari buku mengenai istilah-istilah yang biasa digunakan dalam proses produksi televisi maupun film.

Kamus yang disusun oleh Ilham Zoebazary ini memuat 2000 lebih entri yang berhubungan erat dengan dunia televisi dan film. Di dalamnya tercakup istilah-istilah yang biasa digunakan dalam proses produksi program televisi dan karya film, juga istilah-istilah teknis operasional di dalam studio televisi, studio editing, penulisan skenario, hingga istilah-istilah yang biasa digunakan para ahli dalam mengkaji televisi dan film. Sebagian besar entri, khususnya yang berhubungan dengan karya film, disertai contoh-contoh dengan menyebutkan judul film, nama sutradara serta tahun pembuatannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: