Alumni SMP 8 Jakarta

Home » Cerita Inspiratif » 7 Hal Mengejutkan yang Dapat Menyebabkan Bau Badan

7 Hal Mengejutkan yang Dapat Menyebabkan Bau Badan

1. Stres
Percaya atau tidak, terdapat banyak jenis zat kimia dalam keringat Anda. Dan salah satu jenis keringat yang paling bau adalah keringat ketika Anda stres. Hal ini karena ketika stres, keringat yang dihasilkan berasal dari kelenjar keringat yang disebut kelenjar apocrine. Kelenjar apocrine memproduksi keringat yang lebih pekat dan mengundang banyak bakteri karena lemak dan protein di dalamnya. Bakteri yang berkumpul akibat hal ini menyebabkan bau yang tak sedap. Keringat ini berbeda dengan keringat yang dihasilkan ketika olahraga karena mengandung lebih banyak air dan elektrolit.

2. Alasan genetik
Beberapa orang memiliki gen khusus yang membuat kaki mereka lebih mudah bau dibandingkan orang lain. Bukan berarti gen itu menyebabkan bau, namun ini karena gen tersebut membuat bagian kaki lebih mudah berkeringat dibandingkan dengan kaki orang kebanyakan. Hal inilah yang kemudian memicu bau pada kaki. Terutama kaki seringkali berada dalam sepatu yang lembap, hangat, dan gelap. Sekitar 10 – 15 persen orang memiliki genetika ini. Kaki mereka lebih mudah berkeringat dan menjadi rumah yang nyaman bagi bakteri bernama Micrococcus sedentarius yang memproduksi bau yang menyengat.

3. Jarang berganti bra
Terkadang wanita memiliki bra favorit yang sering mereka gunakan dan jarang dicuci. Hal ini tak hanya menyebabkan bra kotor dan berbau tetapi juga menyebabkan bau badan terperangkap dalam bra yang sering digunakan tersebut. Jika Anda termasuk wanita yang jarang berganti bra, sebaiknya mulai hilangkan kebiasaan tersebut. Cuci bra favorit Anda sesering mungkin.

4. Brokoli
Mengonsumsi makanan seperti bawang putih atau bawang merah bisa menyebabkan bau mulut. Namun bau tersebut tak hanya berhenti di mulut. Zat yang menyebabkan bau akan dipecah dan dialirkan dalam darah kemudian dikeluarkan lagi dalam bentuk napas, keringat, dan urine. Bawang putih dan bawang merah bukan satu-satunya makanan yang harus dihindari jika tak ingin menyebabkan bau badan, melainkan juga brokoli, kubis brussels, dan lainnya.

5. Kelainan genetik langka
Mutasi pada beberapa jenis gen tertentu bisa menyebabkan kelainan yang disebut trimethylaminuria. Kelainan ini menyebabkan tubuh kesulitan memecah zat kimia yang disebut trymethylamine. Hal ini lah yang menyebabkan seseorang berbau seperti ikan. Kelainan langka ini bisa membuat seseorang depresi karena selalu dijauhi dalam hal pergaulan.

6. Alkohol
Perhatikan bau keringat orang-orang yang gemar minum alkohol. Apapun jenisnya, minuman beralkohol bisa membuat tubuh berbau tak sedap. Ketika mabuk biasanya seseorang tak bisa berkeringat, namun bukan berarti bau alkohol kemudian hilang begitu saja. Bau tersebut akan mengalir ke seluruh tubuh melewati aliran darah dan keluar lewat pori-pori kulit dalam bentuk keringat.

7. Diabetes
Ketika penyakit diabetes tidak dirawat dengan baik, pasien biasanya akan mengalami yang disebut diabetic ketoacidosis. Ketika tubuh tak mendapatkan insulin yang cukup, tubuh mulai membakar lemak untuk memproduksi energi. Hal ini menyebabkan penumpukan ketone pada tubuh dan menyebabkan perubahan pada bau badan.

Selain tujuh hal di atas, orang juga mengaku mengalami perubahan bau badan ketika mereka mengonsumsi terlalu banyak daging. Jika Anda mulai mengalami bau badan tak sedap, padahal sudah rajin mandi, sebaiknya perhatikan penyebab lain di atas. Jika penyebabnya adalah hal medis yang bisa berbahaya, segera periksakan diri ke dokter.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: