Alumni SMP 8 Jakarta

Home » Cerita dari Sahabat » Apakah CCTV Dapat Mengurangi Tingkat Kriminalitas?

Apakah CCTV Dapat Mengurangi Tingkat Kriminalitas?

Cerita dari sahabat | Oleh Bambang Haryono

Pertanyaan ini sering muncul di benak kita manakala disekitar kita mulai banyak terjadi tindak kriminal dan kita hendak menggunakan CCTV (Closed Circuit Television) untuk memastikan property, inventaris atau barang berharga kita aman dari pelaku krimal.

Faktanya………………

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Professor Brandon C. Welsh of the University of Massachusetts Lowell (United States) and Professor David P. Farrington of Cambridge University (United Kingdom) dalam kurun waktu 2001-2006 dengan menganalisa hasil evaluasi laporan dari berbagai negara.

Pengamatan dilakukan dengan obyek CCTV yang dipasang di pusat kota, perumahan, area parkir dan transportasi publik. Secara keseluruhan disimpulan bahwa penggunaan CCTV hanya menurunkan tingkat kriminalitas sebesar 16% . Penurunan kriminalitas terbesar terjadi untuk CCTV yang dipasang di area parkir yaitu sebesar 51%, kemudian transportasi publik sebesar 23% sedangkan pusat kota dan perumahan hanya 7%..

Dari penelitian keefektifan pemasangan CCTV di area parkir dalam menurunkan tingkat kriminalitas di sebabkan oleh beberapa alasan. Pertama karena penggunaan CCTV didukung oleh pencahayaan di lokasi, adanya pagar dan personel security yang kedua karena jangkauan kamera yang luas tanpa halangan, terakhir karena kejahatan pencurian kendaraan bermotor lebih mudah untuk dideteksi.

Kesimpulannya effektifitas CCTV dalam mengurangi tingkat kriminalitas tidak dapat berdiri sendiri harus didukung oleh sub sistem lainnya. Diantaranya sistem managemen keamanan di lokasi , perencanaan surveillance system yang akan di buat atau bahkan mungkin SOP yang ada diperusahaan (misal SOP inventory dsb)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: