Alumni SMP 8 Jakarta

Home » Berita News » Bus Tingkat, Upaya Dongkrak Pariwisata Jakarta

Bus Tingkat, Upaya Dongkrak Pariwisata Jakarta

Republika | Scan Artikel | oleh Halimatus Sa’diyah

Kehadiran lima bus tingkat yang dibeli Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dipastikan bakal menjadi magnet baru pariwisata di Ibu Kota. Bus tingkat seharga Rp 3 miliar itu akan mengajak warga keliling Jakarta secara gratis.

Kamis (16/1) siang, lima bus tingkat asal Cina itu ‘mejeng. di Bundaran Hotel Indonesia. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta sengaja memajang bus-bus tingkat di sana sebagai bentuk sosialisasi pada masyarakat.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo juga datang untuk meresmikan peluncuran bus tingkat pariwisata di Bundaran HI, Kamis (16/1).. Seusai acara peresmian, Jokowi langsung menjajal naik bus double decker itu.

Lima bus tingkat pariwisata untuk pertama kalinya melintas di jalanan Ibu Kota. Bus melintasi Jalan Thamrin, Jalan Medan Merdeka Barat, Harmoni, Jalan Juanda, Jalan Veteran 3, dan Jalan Medan Merdeka Selatan.

Dengan rute tersebut, bus berwarna biru dan kuning itu melewati sejumlah tempat pariwisata di Jakarta, seperti Museum Nasional, Monas, Gedung Kesenian Jakarta, Gereja Katedral, Masjid Istiglal, dan Istana Negara.

Sepanjang perjalanan, penumpang bus dimanjakan dengan iringan lagu-lagu khas Betawi yang disetel di radio. Bus juga dilengkapi dengan TV LCD yang menampilkan objek objek wisata di Jakarta. Untuk alasan keamanan, bus juga dilengkapi dengan CCTV.

Sepanjang perjala’nan, banyak warga mengabadikan foto bus saat melintas di depan mereka. Tak jarang juga warga melambaikan tangan kepada orang yang berada di dalam bus tingkat.

“Seru lihat orang-orang pada kagum lihat bus ini. Jadi, ada nuansa baru buat warga,” ujar Sita Dewi, salah satu wartawan yang menjadi penumpang pertama bus tingkat.

Jokowi pun tak kalah girangnya saat naik bus tingkat setinggi 4,2 meter itu. Dia sangat menikmati saat duduk di bangku atas bus. “Enak di atas, kelihatan semuanya,” kata mantan wali kota Solo tersebut.

Menurut dia, sebelum bus jadi, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Arie Budhiman berulang kali datang kepadanya untuk mendiskusikan desain bus. Karena itu, Jokowi mengaku sangat puas saat melihat bus tersebut melintas di jalanan Ibu Kota. “Ini keren banget desainnya. Berasa di London, tapi lebih bagus di sini,” kata Jokowi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta Arie Budhiman mengatakan, bus akan segera dioperasikan pada awal Februari. Saat ini, pihaknya masih mengurus dokumen-dokumen bus tingkat tersebut. Selagi menunggu dokumen siap, kata Arie, bus yang akan beroperasi mulai pukul 09.00 hingga 21.00 WIB itu bakal diparkirkan di pul Cawang.

Lebih lanjut, dia mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 4,5 miliar untuk pengoperasian bus tingkat selama satu tahun. Sebab, seperti diketahui, penumpang tidak dikenakan biaya alias gratis untuk dapat menaiki bus city tour itu. Sehingga, biaya operasinya semua berasal dari kantong pemprov.

Menurut Arie, untuk bisa keliling kota dengan bus tingkat, warga harus memiliki tiket yang bisa didapatkan di bandara, mal, dan hotel. “Tapi, untuk tiga bulan pertama belum pakai tiket dulu. Nanti setelah semua warga tahu, baru pakai tiket,” jelas dia.

Ari menargetkan, dalam satu hari, bus bisa mengangkut 3.000 penumpang. Dengan jumlah tersebut, jumlah wisatawan DKI dipastikan bakal meningkat.

Dia menambahkan, pihaknya sudah menyiapkan rute kedua untuk bus tingkat. Rute dua tersebut, yaitu Bundaran HI, Jalan Sudirman, Plaza Semanggi, Jalan Gatot Subroto, JCC, Gelora Bung Karno, Plaza Senayan, Patung Pemuda, Plaza Semanggi, dan kembali lagi ke Bundaran HI.

“Tapi, rute dua itu tunggu penambahan bus dulu. Tahun ini kita akan beli 20 bus tingkat lagi,” ujar Arie.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: