Alumni SMP 8 Jakarta

Home » NEWS » Perkemahan Sehari Pasuspram SMP 8 Jakarta

Perkemahan Sehari Pasuspram SMP 8 Jakarta

Pendahuluan

Gerakan Pramuka merupakan salah satu wadah bagi para remaja untuk mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya, terutama mengembangkan karakter survival dan kepemimpinan, oleh karena itu para remaja bukan hanya dituntut menguasai sebuah ilmu dan teknologi akan tetapi harus juga dipersiapkan menjadi seorang pemimpin yang cerdas, terampil dan tangguh. Dengan mengikuti Pramuka juga, kita mampu survive dan hidup mandiri.

Pada saat sekarang, baik di sekolah dasar, menengah pertama, menengah atas, maupun diperguruan tinggi hampir seluruhnya mempunyai organisasi Gerakan Pramuka dengan tingkatan masing-masing. Makin maraknya organisasi kepramukaan ini menunjukan bahwa minat para remaja dan pemuda terhadap organisasi kepramukaan makin tinggi, sehingga kita perlu berbangga hati karena dengan semakin tingginya minat remaja dan pemuda terhadap organisasi kepramukaan maka dengan sendirinya persoalan-persoalan dengan kenakalan remaja dapat tersalurkan kepada kegiatan yang positif.

SMP Negeri 8 Jakarta, di Jalan Pegangsaan Barat 1, tempat sekolah yang pernah kita sama-sama menimba ilmu disana, kegiatan Pramuka menjadi sarana berinteraksi dan bermain edukasi keterampilan para anggotanya. Pasukan Khusus Pramuka atau Pasuspram SMP 8 biasa kita sebut dibentuk sekitar tahun 1994 oleh salah satu pencetus dan pendiri yaitu Bapak Isnaini Adji (alm) dan beberapa pejabat sekolah, antara lain Kepala Sekolah saat itu Bapak Sadikin Atmawinata (alm).

Ditahun tersebut sebagai cikal bakal pembentukan Gugus Depan 01489 – 01490 sebagai ‘rumah organisasi’ yang juga salah satu kegiatan ekstrakurikuler wajib di SMP 8 Jakarta. Melalui banyak kegiatan dan perlombaan yang diikuti, baik tingkat wilayah maupun nasional, Pasuspram menunjukan eksistensinya sampai saat ini. Walau dalam perjalanannya [pernah] mengalami pasang surut keanggotaan dan kegiatan.

Oleh karena itu, untuk menghimpun dan mengenang kembali kegiatan yang pernah kita lakukan, alumni Pasuspram mencoba mengajak anggotanya untuk kembali berkumpul dalam suatu kegiatan bersama, yaitu PERSARI (Perkemahan Satu Hari) di halaman sekolah SMP 8 Jakarta.

Tujuan :

– Mengasah skill atau kemampuan survival di alam bebas (outdoor), dengan kemampuan mendirikan tenda, memasak menggunakan perlengkapan sederhana, dan lain sebagainya.

– Dengan saling lebih mengenal, mempererat silaturahmi dan rasa kekeluargaan antara keluarga besar alumni SMP 8 Jakarta yang tergabung dalam Pasuspram SMP 8 Jakarta.

Peserta Kegiatan :

– Yang menjadi peserta kegiatan ini adalah anggota dan atau yang pernah sebagai anggota Pasuspram SMP 8 Jakarta baik yang masih aktif maupun tidak aktif. Bagi yang ingin menyertakan anggota keluarganya dalam menyemarakkan kegiatan ini.

– Para stakeholder Pasuspram SMP 8 Jakarta (Kepala sekolah, guru, dan sebagainya)

– Peserta dikelompokkan dalam sebuah tim/regu. Dan setiap tim/regu anggotanya boleh di mix dengan jumlah tidak melebihi dari 8 orang dalam setiap tim/regu.

Keterampilan yang dilombakan :

– Mendirikan tenda beserta aksesorisnya

– Memasak nasi dan lauk pauk dengan kelengkapan dan pemanfaatan alat yang sederahana, seperti memasak nasi dengan penggunaan kayu bakar, kaleng bekas sebagai wadah, daun pisang sebagai alas penyajian makanan.

– Kekompakan dalam sebuah tim.

Advertisements

Leave a Reply | Alumni SMP 8 Jakarta

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

CORT

March 2016
M T W T F S S
« Feb   Jun »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
%d bloggers like this: