Alumni SMP 8 Jakarta

Home » Cerita Alumni » Perseteruan SMP 8 Vs SMP 9 Jakarta

Perseteruan SMP 8 Vs SMP 9 Jakarta

Perseteruan SMP 8 dengan sekolah afiliansinya — SMP 9 Jakarta, cukup memberi warna perjalanan panjang deretan sejarah sekolah ini. Entah dimulai dari tahun berapa perseteruan ini, namun sempat mengulik dari beberapa nara sumber antara lain dari alumnus angkatan 1989, dengan nama akun Joko Bader yang ditulis dan diceritakan dalam laman social media Facebook Group SMP 8 Jakarta, kejadian itu menjadi viral pada zamannya. Masuk pada tahun 1986 di sekolah ini, perseteruan yang memang tidak direncanakan atau tidak terorganisir ini kerap terjadi.

Menurut Joko —  yang mempunyai nama lengkap Djoko Sutantio, tawuran ini merupakan kenangan yang tak terlupakan — diserang sama anak SMP 9 yang masih berada dalam satu gedung yang sama. Kalau sudah berhadapan, meja yang ada disekitar kelas diposisikan ‘terbalik’ untuk melindungi kita dari sambitan batu. “Ya, masih ingat benar, kayak sudah perang koboi aja hehhe.. kondisi saat itu kita memang teman-teman SMP 8 diserang dari depan dan tidak tahu ihwal persoalan, langsung saja anak-anak SMP 9 menyerang. Sontak siswa yang berada kelasnya dipinggir jalan langsung membalikkan meja untuk melindungi diri dari batu yang melayang kearah kami. Ditambah anak SMP 9 yang berada diatas menyerang dengan pot bunga ataupun potongan apa saja yang ada disitu bisa ditimpukkan kebawah ..”

Tapi yang menjadi unik, walau kerap terjadi tawuran dan para pelaku tawuran masih berada dalam satu gedung yang sama, kalau istirahat masih bisa membaur karena SMP 9 tidak mempunyai kantin. Bisa dibayangkan aura/suasana sekolah itu saat jam-jam istirahat. Yah namanya juga anak-anak saat itu … Pihak sekolah atau guru hanya mampu melerai saja, tanpa ada konsekuensi lebih jauh. Kalau korban, benjol dan kepala berdarah akibat timpukan batu menjadi hal yang biasa saat itu. Tapi sayangnya, pada masa itu memang belum ada dokumentasi yang mendukung kejadian itu diabadikan. Maklum saja, pada saat itu kamera memang belum ada.

Kalau dirunut lagi ceritanya, dan ini masih jadi dugaan ihwal sebab-musabab kejadian yang tidak terjadi sekali dua kali itu saja, bahkan sudah menjadi tradisi turun temurun dari tahun ke tahun. Ada yang mengatakan perseteruan itu karena gengsi nama atau jargon antara GAS VIII [Generation Alpha Stone VIII] dengan GRESS 9. Allahuallam … benar atau tidaknya. Pada tahun 1996, tercatat SMP 9 ini pindah domisili ke Ciracas Jakarta Timur dan menempati gedung baru yang cukup luas disana. Sekali lagi, entah benar atau tidak, kepindahan ini apakah disebabkan perseteruan yang tengah terjadi atau ada pertimbangan lain yang lebih kongkrit saat itu. Tentu hal ini masih perlu penelusuran dan informasi lebih dalam dari alumni atau pihak terkait yang mengalami pada masa itu. [dr/8’97]

** Jika ada koreksi atau ada yg mau menambahkan, silahkan isi dalam kolom komentar. Thanks
Advertisements

Leave a Reply | Alumni SMP 8 Jakarta

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

CORT

June 2017
M T W T F S S
« May   Jul »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  
%d bloggers like this: